Minggu, 26 Desember 2010

Tentang Tuhan.

Coba bayangkan, sahabatku tercinta.....ada sebuah hati yg meliputi seluruh hati kalian, sebuah cinta yg merangkum seluruh cinta kalian, sebuah jiwa yg melingkupi segenap jiwa kalia, sebuah suara yg mendukung semua suara kalian dan sebuah keheningan yg lbh dalam dari semua keheningan.......ia abadi.

Maka carilah kini dan rasakan dlm liputan diri, mk engkau akan dpt memahami keindahan yg lbh cantik dari sgl keindahan yg ada. Sebuah kidung yg lbh agung drnyanyian samodra dan rimba belantara, keagungan yg bertahta diatas singgasana .....galaksi Oreon hanya bagaikan penyangga kakinya, dan galaksi Pleiades pun tak melebihi dr kerdipan permatanya.

Engkau yg selama ini hanya mencari makan dan tempat perlindungan, pakaian dan tongkat perjalanan.........kini carilah Ia yg esa. Yang bukan benda sasaran bidikan panahmu, bukan pula gua batu tempat perlindunganmu.

Dan jika kata2ku ini hanyalah karang yg menghalangi jalanmu pencarianmu, maka carilah sendiri yg terbuka dari hatimu. Agar pernyataan ini mengangkat diri pd kasih dan hikmah Maha Tinggi, yang disebut Tuhan.

Dalam khayalan kalian merasa terbang dibalik awan dan menganggapnya telah amat tinggi. Kalian menyeberangi lautan luas, mengira menempuh jarak yg tanpa batas. Tetapi aku katakan pd kalian.........bahwa hanya dg 'menanam benih kedalam tanah', mk kalian akan mencapai ketinggian yg lbh melangit. Dan apabila kalian menyambut pagiyg indah dg tutur sapa dg tetanggamu, berarti kalian telah mengarungi samudra yg lbh luas.

Terlalu sering kalian menyanyikan nama Tuhan.....Yang Maha Agung...., sementara kalian tdk pernah mendengar lagu yg sebenarnya. Lebih baik jika kau mendengat kicau burung menyambut cahaya pagi, dan gemerisik daun gugur yg tertiup angin yg sdg menari. Dan ingatlah.....!! simponi hanya akan terjadi ketika daun2 jatuh kepelukan bumi.

Sekali lag aku minta, jangan kalian sembarangan berbicara ttg Tuhan. Lebih baik jika kalian membangun rasa saling pengertian diantara sesama......tetangga dg tetangga, kekasih dg kekasih, sahabat dg sahabat.

Sebab....siapa yg akan menyuapi anak burung dlm sarang, bila sang induk senantiasa terbang?, dan bunga Anemon mana yg akan terbuahi? apabila tdk diisap lebah dari bunga Anemon yg lain. Baru ktk terperangkangkap dlm kesulitan.....kalian menengadah mencari Tuhan. Singkapkanlah dulu tabir pribadimu dan jangan tinggal diam terpaku......mulailah menyiangi belukar perasaan pikiranmu.

Para sahabatku.............. kalian akan lebih bijak jika kita tdk berbicara mengenai Tuhan, yg tdk kita mengerti dan akan lebih baik kita persoalkan hal2 yg dpt kita pahami. Namun kalian jg hrs tahu.......bahwa kitalah nafas dan aroma wangi Tuhan. Dan Dia jg bersemayam dlm dedaunan, bunga2an dan buah2an.

Kahlih Gibran
"Sang Nabi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar